Minggu, 15 September 2013

Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

Paragraf Deduktif
             Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf dan dilengkapi dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya.

contoh paragraf  deduktif:
                    
                   Peran keluarga sangatlah penting. Betapa tidak? Keluarga merupakan media sosialisasi primer, tempat seseorang pertama kali mendapatkan bekal tentang pengetahuan, nilai-nilai, dan norma-norma yang ada dalam masyarakat. Dalam keluarga, seseorang diarahkan untuk menjadi pribadi yang dapat berinteraksi dengan pribadi yang lain sesuai dengan harapan masyarakat. Keluarga menjadi peletak dasar-dasar nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Paragraf Induktif

              Paragraf Induktif adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan penjelasan yang bersifat khusus kemudian diakhiri dengan kalimat utama dan memuat pernyataan yang bersifat umum.

contoh paragraf induktif:

         Belahan dunia manapun, perbankan merupakan industri yang diatur paling ketat dan penuh resiko, baik dalam hal tingkat permodalan, kepengurusan, atau ketentuan operasionalnya. Selain risiko kredit, perbankan juga memiliki beberapa risiko seperti risiko operasional, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko hukum, risiko reputasi, risiko kepatuhan, dan risiko strategik. Oleh karena itu, perbankan adalah salah satu bisnis yang berisiko.


                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar