Riset Pemasaran Ekspor Udang Vanamei Indonesia
Nisa Mutia Hapsari
155254022
D4 - Administrasi Bisnis
Politeknik Negeri Bandung
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia menyatakan bahwa Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menjadi surga perikanan dunia, menjadi pemasok utama produk-produk perikanan, seperti ikan tuna, rumput laut, udang dan kepiting.
Gambar 1 Indonesia surga perikanan indonesia
Sumber :
|
Berdasarkan gambar 1 diperoleh data bahwa ekspor udang Indonesia tahun 2016 menduduki peringkat 2 terbesar dari seluruh dunia. Sebanyak 273.00 ton udang berhasil diekspor dengan nilai pendapatan 1.500.000 US$. Potensi ekonomi kelautan di Indonesia bisa mencapai US$ 1,2 triliun dan mampu menyerap 40 juta orang tenaga kerja
Gambar 3 Indonesia Raja Udang Asean
Sumber : (Tim Publikasi Katadata, 2016)
|
Gambar 2 Indonesia surga perikanan dunia
Sumber :
|
Berdasarkan
gambar 2 diketahui bahwa Pada tahun 2016 ekspor udang Indonesia menduduki
perikat ke – 2 di dunia dengan produksi sebanyak 273.000 ton dengan nilai ekspor
sebanyak 1.500.000 US$.
Berdasarkan
Gambar 3 diketahui pada tahun 2014 bahwa jumlah produksi udang Indonesia
merupakan yang terbesar diantara negara – negara Asean lainnya yaitu 645.000
ton kemudian diikuti negara lainnya yaitu Vietnam, Thailand Filipina dan
Myanmar. Spesies andalan Indonesia adalah Udang Vanamei dan Udang Windu. Target
pasar Indonesia adalah negara Amerika Serikat, Benua Eropa, Cina dan Jepang.
Dengan nilai pendapatan sebesar 1,7 M US$ dengan komposisi udang yang diekspor
dengan bentuk 1,5 % segar, 27,9% Olahan
dan 70,6% beku. Udang Vanamei ( Liptopenaeus vannamei) merupakan spesies andalan utama udang Indonesia berdasarkan informasi bersumber dari (Tim Publikasi Katadata, 2016). Berikut ini adalah penjelasan lebih mendalam mengenai udang vanamei dan lingkup ekspornya
Tabel Kode Klasifikasi
HS
code (INTR)
|
0306.17.19
|
Brief
Product / service description
|
|
Gambar 4 Udang Vanamei
Sumber (Hadiyanto, 2018)
|
- Screen Potential Market atau menyaring potensi pasar
- Assess target markets atau menaksir target pasar
- draw conclusion atau membuat kesimpulan
1. Screen Potential Markets
Tabel 1 Jumlah Ekspor
Udang Menurut Negara Tujuan Utama, 2011-2015
Negara Tujuan
|
2011
|
2012
|
2013
|
2014
|
2015
|
Berat Bersih (ton)
|
|||||
Jepang
|
31000,2
|
32497,6
|
32.943,7
|
27.597,8
|
27.182,1
|
Hongkong
|
3466,5
|
2777,9
|
2.665,4
|
2.464,0
|
1.539,4
|
China
|
5843,4
|
6315,4
|
5.600,1
|
5.531,1
|
9.842,3
|
Singapura
|
2280,6
|
2979,9
|
3.137,2
|
3.433,8
|
2.836,6
|
Malaysia
|
2801,3
|
2593,7
|
2.959,1
|
4.071,2
|
4.632,3
|
Australia
|
562,7
|
752,7
|
895,8
|
780,7
|
787,8
|
Amerika Serikat
|
55007
|
59137,9
|
64.520,6
|
85.838,7
|
82.263,8
|
Inggris
|
3234,2
|
1783,2
|
2.779,0
|
2.145,0
|
2.902,5
|
Sumber: (Badan Pusat
Statistik, 2017)
Gambar 5 Jumlah Ekspor Udang Menurut Negara Tujuan Utama 2015
Sumber :
|
Berdasarkan gambar 5 dan
tabel 1 Pada tahun 2015 ekspor terbesar udang Indonesia dikirim ke Amerika
Serikat dengan volume 82,3 ribu ton senilai 745,3 juta USD. Negara tujuan
terbesar kedua adalah Jepang dengan volume 27,2 ribu ton senilai 306,6 juta
USD. Kemudian China dengan volume 9,8 ribu ton senilai 75,4 juta USD. Malaysia
dengan volume 4,6 ribu ton senilai 16,4 juta USD. Inggris dengan volume 2,9
ribu ton senilai 33,1 juta USD. Singapura dengan volume 2,8 ribu ton senilai
13,6 juta USD.
Gambar 6. Tren Udang di Seluruh Dunia pada tahun 2018
3. Kesimpulan
Berdasarkan data yang sudah dikumpulkan dan informasi dari sumber akuntabel
yang sudah dipaparkan sebelumnya, udang merupakan
salah satu komoditas utama sektor non migas untuk di ekspor. Diketahui bahwa
Indonesia mempunyai pasar yang luas untuk mengekspor udang. Setelah ditelaah Amerika
Serikat merupakan negara utama yang memiliki peluang terbesar tujuan pengeksporan
udang yang dapat dimanfaatkan Indonesia. Indonesia menempati posisi kedua pada
tahun 2014 hingga saat ini sebagai negara dengan jumlah udang terbanyak untuk
di ekspor ke Amerika Serikat. Posisi pertamanya berasal dari India. Hal ini
disebabkan, Udang tangkapan India mempunyai harga jual yang lebih rendah. Namun
demikian, Indonesia tidak perlu khawatir karena Indonesia masih memiliki pasar
yang luas dan peluang untuk berkembang. Berdasarkan data tahun 2014 Indonesia menduduki peringkat 2 terbesar dari seluruh
dunia sebanyak 273.00 ton udang berhasil diekspor dengan nilai pendapatan
1.500.000 US$. Posisi urutan kedua tersebut masih bertahan hingga saat ini menurut (Hadiyanto, 2018) Jumlah ekspor udang Indonesia
ke AS pada tahun 2015 sebanyak 82.263,8 ton senilai 745,3 juta USD. Negara tujuan terbesar kedua adalah Jepang dengan
volume 27,2 ribu ton senilai 306,6 juta USD. Kemudian China dengan volume 9,8
ribu ton senilai 75,4 juta USD.
Secara
keseluruhan, volume ekspor udang relatif meningkat sepanjang tahun 2012 sampai
dengan 2015 di ketiga pasar utama yaitu Amerika Serikat, Jepang dan Eropa.
Indonesia saat ini mendominasi pasar udang Amerika Serikat, karena negara
Indonesia tidak dihadapkan pada kebijakan antidumping dimana Amerika Serikat
telah menempatkan pesaing di beberapa negara Asia lainnya seperti India, China,
Thailand dan Vietnam. Akibatnya, kenaikan ekspor sebesar hampir 40.000 ton
antara tahun 2012 dan 2014 hampir seluruhnya diperhitungkan oleh Amerika Serikat. Di
pasar kedua yaitu pasar Jepang, volume ekspor udang Indonesia berfluktuasi
cenderung menurun. Tetapi menunjukkan angka yang stabil yaitu mencapai lebih
dari 30.000 ton.
Gambar 6. Tren Udang di Seluruh Dunia pada tahun 2018
Sumber : (Google Inc., 2018)
Gambar 7. Tren Udang di Seluruh Dunia pada tahun 2018
Sumber : (Google Inc., 2018)
|
Berdasarkan Gambar 7 dan Gambar 8 diketahui informasi bahwa tren udang saat ini paling diminati oleh Amerika Serikat. Amerika Serikat merupakan negara yang paling memiliki minat tertinggi
terhadap udang diikuti oleh Jamaika, Kanada, Filipina, Singapura, UEA,
Hongkong, Selandia Baru, dan Inggris Raya .
Negara-negara
pengimpor udang Indonesia adalah Jepang, Hongkong, China, Singapura, Malaysia,
Australia, Taiwan, Thailand, Korea Selatan, Vietnam, Amerika Serikat, Belgia,
Inggris, Spanyol, Prancis, Kanada, Belanda, Italia, dan Jerman. (Puspita,
2017)
Menurut (Hadiyanto, 2018) Ekspor komoditas udang Indonesia sedang
membaik. Nilai ekspor udang budidaya pada periode Januari-Agustus 2018 melejit
71,16% dibanding periode sama tahun lalu menjadi US$ 13,25 juta. Menteri
Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai ekspor perikanan Indonesia
sedang dalam posisi yang sangat baik. Tak hanya itu, ia menyebut perang dagang AS dengan China seharusnya
disambut dengan meningkatkan produktivitas dan ekspor perikanan Indonesia
ke AS karena berkurangnya pangsa pasar
China di negara tersebut.
Iwan
Sutanto Ketua Indonesia Shrimp Club dalam (Hadiyantono , 2018) mengatakan, kedua wilayah tersebut (China
& Timur Tengah) menjadi opsi yang menarik ditengah tekanan regulasi dari
Uni Eropa dan ketidakpastian regulasi tarif AS. "Sekarang China sudah
mulai impor jumlah kecil dari kita dan potensinya besar, dulu mereka dari
Vietnam tapi sempat ada masalah," kata Iwan, Senin (20/8). Iwan
melanjutkan China dan Timur Tengah memiliki potensi besar karena memiliki
jumlah masyarakat dan permintaan yang besar. Namun ia enggan merinci besaran
ekspor dan potensi saat ini. Mayoritas ekspor udang ditujukan ke AS dan diikuti
oleh Eropa. Oleh karena itu, bila Indonesia ingin terus mempertahankan pasar
dan kualitas udang, pengembangan di sektor tambak sangat diperlukan.
Gambar 8 Persebaran wilayah negara Amerika Serikat yang memiliki minat terhadap udang
Sumber : (Google Inc., 2018)
Berdasarkan gambar 8 diketahui di Amerika Serikat, 5 daerah dengan tren udang paling tinggi diminati dari negara bagain Louisiana, Hawaii, Mississippi, Alabama dan Caroline Selatan. berdasarkan besarnya data tersebut tidak mengherankan bahwa Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki minat paling tinggi terhadap udang. Ekspor udang Indonesia terhadap Amerika Serikat merupakan yang paling tinggi yaitu sebanyak 60 %.
2. Asses Target Market
Situasi
Persaingan udang Global
Menurut (Setiyanto) dalam penelitiannya
sejak tahun 1997 hingga selesainya penelitian, impor udang Amerika Serikat
sebagian besar dari negara Asia dan Amerika tengah. Untuk kawasan Asia, Impor
udang Amerika Serikat sebagian besar dari Thailand, Indonesia, India,
Bangladesh, cina dan Vietnam serta sebagian kecil dari Filipina Hongkong dan Taiwan.
Sementara untuk Amerika Tengah adalah dari Meksiko, Equador,Panama, Venezuela
dan Honduras
Pada tahun 2016 dilansir oleh
Berita Satu menurut (Kunjana, 2018) udang memiliki peranan yang besar
terhadap kinerja ekonomi perikanan Indonesia. Pada tahun 2016 nilai ekspor
udang Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara produsen
udang dunia lainnya, seperti India, Vietnam, Ekuador, Tiongkok, dan Thailand.
Tahun 2016 India tercatat sebagai negara yang memiliki nilai ekspor udang
tertinggi di dunia, yaitu mencapai US$ 3,70 miliar, disusul Vietnam, Ekuador,
Tiongkok, Thailand, dan Indonesia dengan nilai ekspor dalam dollar AS
masing-masing sebesar 2,71 miliar; 2,60 miliar; 2,16 miliar; 1,98 miliar; dan
1,67 miliar.
Namun mengacu pada data
Kementerian Pertanian AS (USDA) dalam (Hadiyanto, 2018) , impor udang AS
baik dalam bentuk beku dan olahan dari Indonesia pada semester pertama 2018
mencapai US$ 715.801, naik 6,86% dari periode sama tahun lalu. Kinerja ini
setara 20% dari impor udang AS seluruhnya. Angka ini menempatkan Indonesia di
posisi kedua sumber udang AS, setelah India yakni US$ 1,15 juta pada periode
sama.
Dengan naiknya posisi
indonesia di tempat ke 2 setelah India, menjadikan India sebagai pesaing terberat
Indonesia. Persaingan kuat terjadi dengan sesama pengeksportir udang. Menteri Kelautan dan
Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti memaparkan India telah melakukan konsinyasi
dengan importir Amerika. "Produksi India itu tinggi sekali, sekarang,
mereka kirim-kirim dan barang dan masuk ke pelabuhan," kata Susi dalam
acara seminar Innovative Aquaculture di Jakarta, dilansir dari Kantor Berita
Antara, Jumat (30/11) Menurutnya, Indonesia
diuntungkan sebagai negara kepulauan. Sehingga jika terjadi suatu wabah, yang
terjangkit kemungkinan hanya di satu pulau tak merembet ke wilayah lainnya.
Seperti apa yang terjadi di Ekuador dan Thailand dimana hasil ekspornya
mengalami outbreak yang fatal akibat
wabah yang menjangkit jenis udang yang diekspor.
Gambar 9 Persaingan Pasar Ekspor Udang Indonesia Ke Amerika Serikat
Sumber
|
Gambar 10 Posisi Indonesia Dalam Pemasaran Udang di AS
Sumber
|
Berdasarkan gambar 10 posisi Indonesia berada di Kuadaran Kualitas Tinggi dan Harga yang
ditawarkan tinggi, berbeda halnya dengan India yang berada di kuadran kualitas
tinggi dan harga yang ditawarkan rendah. Dengan harga yang ditawarkan lebih
rendah akan sulit bagi Indonesia untuk menyusul India diposisi pertama.
Gambar 11 Saluran Distribusi Udang
Gambar 12 Saluran Distribusi Ekspor Udang di Eropa
Gambar 12 Saluran Distribusi Ekspor Udang di Eropa
Distribusi Langsung
a) Distribusi Langsung Melalui Agen, Dalam
Pendistribusian Langsung, perusahaan dapat bekerja sama dengan agen perantara
di luar negeri yang mana agen ini
tidak memiliki hak atas barang tersebut. Ada beberapa macam antara lain :
b) Perwakilan Agen ( sales representative), Kegiatan sales
representative ini merupakan perwakialan perusahaan di negara asing untuk
melakukan penjualan di negara tersebut dan komisi didapat dari penjaualan.
Perwakialan agen juga memantau dan mengumpulkan informasi terkait penjualan dan
preferensi konsumen di negara tersebut. Namun mereka tidak memiliki hak atas
barang tersebut.
c) Agen Pembelian ( Purchasing agents), Agen
pembelian ini kadang disebut juga dengan pembeli barang untuk diekspor. Mereka
aktif bergerak mencari produk dengan verifiakasi tertentu untuk kepentingan
luar negeri dengan standar produk dan harga dari laur negeri. Agen ini jugalah
yang mengurus semua urusan pengemasan dan persyaratan pengapalan namun mereka
tidak memiliki hak atas produk tersebut.
d) Pialang Ekspor ( Ekport Broker ), Tugas dari
pialang ekspor adalah mempertemukan pembeli luar negeri dengan penjual lokal.
Pialang ekspor ini tidak memiliki hak atas barang dan tidak ikut serta dalam
tanggung jawab atas transaksi yang dilakukan. Pialang ekspor memperoleh komisi
atas jasa yang diberikan.
Budaya di Negara Amerika Serikat dan China
Budaya di Amerika Serikat yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan :
- Hasil merupakan hal penting di Amerika Serikat. Karena itu, jika Anda melakukan bisnis atau bahkan jika Anda melamar pekerjaan baru, ingatlah untuk menjual diri Anda dan pencapaian Anda. Kesederhanaan tidak akan memberi Anda kontak bisnis atau pekerjaan baru.
- Amerika Serikat adalah budaya individualistis, bukan budaya kelompok. Karena itu, para pahlawan sering dihormati dalam budaya Amerika. Pertimbangkan status kultus Steve Jobs di Apple atau Mark Zuckerberg di Facebook. Bandingkan ini dengan budaya yang lebih kolektif seperti Jepang. Berapa banyak dari Anda yang bisa menunjuk CEO Jepang yang terkenal?
- Dalam
beberapa budaya berbasis konsensus, seperti di Belanda, pendapat karyawan dihargai
dan diharapkan akan diberikan dan didengar. Dalam budaya Amerika, sering kali
ada forum terbuka untuk debat, namun, pada akhirnya, adalah bos yang membuat
keputusan dan bertanggung jawab atas keputusan tersebut. Jadi, jika Anda sedang
rapat dengan bos Amerika, jangan kaget jika dia membuat keputusan tanpa
berkonsultasi dengan anggota tim lainnya.
- Budaya Amerika cenderung lebih menghargai generalis daripada spesialis. Karenanya, jangan kaget jika rekan keuangan Anda telah mempelajari Sastra Inggris Abad Pertengahan, tetapi kini memimpin perusahaan TI. Di Amerika Serikat, hasil dan pengalaman penting, kurangi latar belakang, usia, dan koneksi Anda.
Budaya di China yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan:
- Bertukar kartu nama atau diharapkan saat bertemu klien dari China untuk kontak pertama kalinya
- Perusahaan China cenderung hierarkis dan menunjukkan rasa hormat kepada eksekutif senior adalah bagian penting dari membangun hubungan bisnis yang baik.
- Tepat waktu.
- Ketika membuat kesalahan jangan membuat banyak alasasan, sederhananya langsung meminta maaf.
- Jangan menduga atau mengharapkan melakukan komunikasi dengan bahasa inggris jika bertemu dengan China, sebaiknya menggunakan jasa penerjemah saat melakukan komunikasi bisnis
- Memanggil dengan nama professional, misalnya nama CEO suatu perusahaan adalah Fa Ping, perlu diperhatikan bahwa Fa adalah nama belakang dan Ping adalah nama yg dimilikinya. Maka panggilah namanya dengan lengkap yaitu Fa Ping
- Kebiasaan orang China mengambil keputusan memakan cukup waktu yg lama. Jangan menyela saat dalam keadaan hening, bersabar dan tunggulah hingga tuan rumah berbicara terlebih dahulu
Hambatan Perdangan atau Trade Barriers
Berdasarkan hasil pengamatan atas beberapa data yang dikumpulkan diketahui bahwa hambatan Indonesia dalam mengekspor udang berasal dari Hambatan Non Tarif atau Non Tariff Measure (NTM). NTM didefinisikan sebagai kebijakan perdagangan internasional selain tarif yang berpotensi menimbulkan dampak ekonomi pada perdagangan internasional barang, perubahan kuantitas yang diperdagangkan serta harga barang yang diperdagangkan dan atau keduanya.
Hambatan
non tarif yang dihadapi Indonesia dalam mengekspor produk udang menurut (Ardiyanti & Saputri, 2018) terdiri atas Sanitary and phytosanitary (SPS) dan Technical barriers to trade (TBT) yang
banyak di terapkan di negara pengimpor seperti Amerika Serikat, Jepang dan
negara Uni Eropa menjadi tantangan bagi ekspor udang Indonesia. Pemberlakuan non
tarif tersebut merupakan bentuk kebijakan yang diterapkan sebagai pengganti
kebijakan tarif yang pemberlakuannya mulai menurun karena penetapan tingkat
tarif di berbagai negara yang semakin dibatasi menurut Ariyani dalam (Ardiyanti & Saputri, 2018) Terdapat beberapa
contoh kasus ekspor berupa potensi penolakan ekspor udang yang disebabkan
negara pengimpor telah mensyaratkan standar kesehatan berupa sertifikasi bebas
virus tertentu seperti yang telah diterapkan di negara kawasan Amerika di tahun
2016 (Media Indonesia, 2016). Dalam (Ardiyanti & Saputri, 2018)
Berdasarkan
Hasil analisis menunjukkan bahwa NTM
memiliki pengaruh negatif terhadap ekspor udang dan olahan udang nasional meskipun
tidak berpengaruh secara signifikan. Meskipun
tidak berpengaruh secara signifikan, namun hasil estimasi menunjukkan bahwa
NTM,baik SPS dan TBT memiliki pengaruh negatif mengindikasikan bahwa eksportir
Indonesia khususnya untuk udang dan olahan udang masih mengalami kesulitan
untuk memenuhi standar dan aturan yang diberlakukan di negara tujuan ekspor.
Tantangan :
- · adanya tingkat persaingan dengan negara eksportir udang lainnya dan
- · penetapan standar negara pengimpor terhadap kualitas udang
- · kebijakan pemerintah
3. Kesimpulan
Cina merupakan negara dalam kategori emerging market yang perlu diperhitungkan
sebagai tujuan negara untuk ekspor udang Indonesia karena jumlah permintaan di dalam
negaranya cukup banyak. Karena permitannya yang bayak ini merupakan peluang pasar
terbesar ekspor komoditas ikan dan udang hasil tangkapan nelayan Bali menurut (Yunianto, 2018) . Selain negara pengimpor udang, Cina
juga mengekspor udangnya ke AS meskipun jumlahnya tidak sebanyak Indonesia. Namun perlu perlu digarisbawahi oleh pengusaha – pengusaha udang Indonesia, untuk tidak mengimpor udang
cina untuk diekspor kembali ke negara lain khususnya AS. Meskipun demikian ekspor udang ke Cina tetap dapat dilakukan. Cina merupakan negara terkena dampak
kebijakan anti dumping dari Amerika Serikat. Anti dumping Cina tersebut memanfaatkan
Indonesia sebagai negara yang tidak terkena dampak antidumping AS untuk
dilakukannya transhipment yang dapat
merugikan citra produk Indonesia meskipun harga yang ditawarkan Cina lebih
rendah kualitasnya lebih baik udang Indonesia, dengan demikian untuk transaksi ekspor impor ke AS perlu dihindari produk cina atas kesalahan yang pernah dilakukan
sebelumnya (transhipment) agar
pemanfaatan posisi Indonesia yang tidak terkena kebijakan antidumping seperti
yang di alami beberapa negara (cina, thailand, india, vietnam dll.) dapat
menguntungkan pengusaha dan nelayan Indonesia. Dengan demikian ekspor tetap dapat dilakukan, namun impor dan aktitivitas transhipment perlu dihindari. (definisi transhipment suatu masalah transportasi dimana sebagian atau seluruh barang yang diangkut dari tempat asal tidak langsung dikirim ke tempat tujuan tetapi melalui tempat transit transhipment nodes )
Strategi
pemasaran yang dapat dilakukan untuk mengekspor udang Indonesia ke Amerika
Serikat adalah
1. Meningkatkan standar dan mutu udang sehingga
lolos dengan kriteria pasar internasional dan terhindar dari hambatan non tarif
yaitu sertifikasi bebas dari virus tertentu yang ada pada udang.
2. Menjaga konsistensi pasokan produk dan
terus meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi pasar.
3. Efisiensi bahan baku & perawatan
sehingga harga jual ekspor dapat bersaing dengan India.
4.
Meningkatkan varietas udang yang dapat
diperjual belikan
5.
Membidik target pasar dengan menawarkan
nilai tambah dari produk
6.
Memberikan keuntungan yang lebih untuk
negara tujuan ekspor
7. Melakukan komunikasi pemasaran dengan pihak
– pihak pemangku kepentingan di negara importir
8.
Membangun citra yang baik akan produk udang
indonesia
9.
Teknologi budidaya udang yang lebih
canggih sehingga saat panen jumlahnya dapat lebih banyak lagi
Referensi
Ardiyanti, S. T., & Saputri, A. S. (2018). DAMPAK
NON TARIFF MEASURES (NTMs) TERHADAP EKSPOR. Buletin Ilmiah Litbang
Perdagangan, 2-10.
Badan Pusat Statistik. (2017, Januari 23). Ekspor Udang
Menurut Negara Tujuan Utama, 2000 - 2015. Diambil kembali dari Beranda/
Ekspor - Impor:
https://www.bps.go.id/statictable/2014/09/08/1015/ekspor-udang-menurut-negara-tujuan-utama--2000-2015.html
Basith, A. (2018, Maret 26). Kontan.co.id / industri /
agribisnis. Diambil kembali dari Indonesia optimistis mengisi kebutuhan
udang di AS:
https://industri.kontan.co.id/news/indonesia-optimistis-mengisi-kebutuhan-udang-di-as
Google Inc. (2018, Desember 28). Diambil kembali dari Google
Trend: https://trends.google.com/trends/explore?geo=US&q=%2Fm%2F0ll1f78
Hadiyanto, T. (2018, September 23). Banyak potensi,
ekspor udang Indonesia berpotensi kian membesar. Diambil kembali dari
Nasional / Peristiwa / Kontan:
https://nasional.kontan.co.id/news/banyak-potensi-ekspor-udang-indonesia-berpotensi-kian-membesar
Hadiyantono , T. (2018, Agustus 20). China dan Timur
Tengah bisa menjadi alternatif ekspor udang Indonesia. Diambil kembali
dari Nasional / Peristiwa / Kompas:
https://nasional.kontan.co.id/news/china-dan-timur-tengah-bisa-menjadi-alternatif-ekspor-udang-indonesia
KOMINFO. (2016, September 1). Indonesia Surga Perikanan
Dunia. Diambil kembali dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik
Indonesia: https://kominfo.go.id/content/detail/7842/indonesia-surga-perikanan-dunia/0/infografis
Kunjana, L. G. (2018, Maret 28). RI Bisa Jadi Eksportir
Udang Budidaya Terbesar Dunia. Diambil kembali dari Berita Satu:
https://www.beritasatu.com/satu/485457-ri-bisa-jadi-eksportir-udang-budidaya-terbesar-dunia.html
Lokadata. (2017, Maret 28). Beritagar Merawat Indonesia.
Diambil kembali dari Ekspor udang Indonesia menurut negara tujuan:
https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/ekspor-udang-indonesia-menurut-negara-tujuan-1485249607
Puspita, D. U. (2017, Setember 10). Wow! Diekspor ke
Seluruh Dunia, Udang Sumbang Devisa Negara Terbesar. Diambil kembali dari
Indonesiana / Kekayaan Alam:
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/09/10/wow-diekspor-ke-seluruh-dunia-udang-sumbang-devisa-negara-terbesar
Setiyanto, A. (t.thn.). ANALISIS POSISI PASAR DAN PROSPEK
PEMASARAN. 44-50.
Tim Publikasi Katadata. (2016, Februari 22). Indonesia,
Surga Perikanan Dunia. Diambil kembali dari Katadataco.id:
https://katadata.co.id/infografik/2016/02/22/indonesia-surga-perikanan-dunia
Yunianto, R. (2018, Februari 2). PERIKANAN TANGKAP : China Pasar Ekspor Terbesar Ikan & Udang Bali. Diambil kembali dari Bisnis Kalimantan: https://kalimantan.bisnis.com/read/20180202/436/733506/perikanan-tangkap-china-pasar-ekspor-terbesar-ikan-udang-bali-
Yunianto, R. (2018, Februari 2). PERIKANAN TANGKAP : China Pasar Ekspor Terbesar Ikan & Udang Bali. Diambil kembali dari Bisnis Kalimantan: https://kalimantan.bisnis.com/read/20180202/436/733506/perikanan-tangkap-china-pasar-ekspor-terbesar-ikan-udang-bali-
Komentar
Posting Komentar