Rabu, 31 Juli 2013

Jurusan yang Masih Membingungkan dan Prospek Kerja

                              Hi readers! udah lama banget ga posting di blogspot, kalo di tumblr sih sering hehehe. Kali ini udah jadi high school student dan dihadapkan oleh pilihan jurusan.
                              sebenernya tiap ditanya mau ngambil kuliah jurusan apa pasti bingung. udah liat juga di beberapa artikel tentang jurusan dan prospek kerja yang penghasilannya tinggi, nih ya :
1. Teknik Perminyakan
2. Ilmu Farmasi
3. Ilmu komputer
4. Teknik Penerbangan
5. Teknik Kimia
6. Teknik Elektro
7. Teknik Perkapalan
8. Teknik Mesin
9. Teknik Metalurgi
10.Teknik Pertambangan
                              Gila ya hampir semua teknik dan tentunya yang bikin makip top kalo kuliahnya di ITB. jujur aja saya ga tertarik. ya mungkin karena cewe kali ya dan  jurusan diatas nantinya kerja langsung di lapangan, dan biasanya ditempatin di Luar Pulau Jawa. Malesin banget ga sih. Penghasilan besar juga menanggung resiko yang besar. Kaya yang di Freeport, resikonya kan nyawa kalo bagiannya itu.
                              Tapi ya siapa sih yang gamau di ITB, saya sendiri rencananya ngambil jurusan Astronomi. Tapi tau ga? ternyata Astronomi masuk ke salah satu jurusan di ITB yang sepi peminat. Kenapa pengen astronomi ya kayanya kebanyakan nonton film , yg berhubungan sama NASA gitu kan hehe. emang minat sebenernya bukan pengen doang. Oh ya, mayoritas 90% mahasiswa ITB tuh jawa semua. maksudnya jawa tengah, jawa timur hehe. Miris ga sih, ya saya sendiri sebagai warga Bandung asli alias tulen ikut prihatin secara ITB sendiri kan akronim dari Institut Teknologi Bandung. Ya masa sih bisa kaya gitu isinya jawa semua. ya ganti aja namanya jadi ITJ (Institut Teknologi Jawa) HAHA garing.
                             Selain Astronomi minat juga ke SITH ( Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati) ngambil Mikrobiologi yg meneliti virus gitu ya entar kerja di WHO kaya film World War Z  yg Brad Pitt main hehe. Selain itu aku minat ke FK di UNPAD/UGM. Berhubung jadi dokter itu pengabdian bukan sekedar gengsi jadi masih jadi bahan pertimbangan. Apalagi, lagi lagi ditempatin di tempat terpencil paling males di luar pulau jawa. Bukan jiwa perantau sih maklumin.
                             Saya juga udah pernah di tes psikologi. dan hasilnya mintanya ke bahasa, iya emang saya akui, jiwa sastra kali ya buktinya aja rajin baca artikel, nulis artikel, dan seneng baca buku bahasa asing. tapi gatau juga entar kedepan gimana karena bahasa masuk ke jurusan dan prospek kerja dengan penghasilan rendah, nih kutipan dari blog :
1. Bahasa
2. Sejarah
3. Seni Drama dan Theater
4. Desain Grafis
5. agama
6. Film dan Fotografi
7. Antropologi
8. Seni rupa
9. Sosiologi
10. Olahraga
                           Dan kabarnya setelah adanya jalur undagan, universitas harus memprioritaskan calon mahasiswa yang ada di provinsinya. ya baguslah kalo kaya gini. jadi kan ITS dan Brawijaya milik Jatim, UGM milik Jateng, ITB/UNPAD milik Jabar. UI milik Jakarta. Semoga sih bukan jalur undangan aja, jalur jalur lainnya
                            Segini aja dulu, kalau ada kritik dan saran silakan saja.

1 komentar:

  1. Nggak boleh iri dong kalau ITB isinya orang Jawa semua.Lagian Jawa kan lebih luas dari Sunda.Itu harusnya menjadi pelecut buat orang Sunda.Ayo semanggaattt..............he he

    BalasHapus